Selasa, 27 Juni 2017

Resep Masakan Nasi Goreng Indonesia

Ada nggak ya orang Indonesia yang belum pernah santap nasi goreng he he.. Makanan rakyat ini telah populer di semua pelosok tanah air bahkan akhir2 ini telah mendunia. Dan anda patut bangga sebab menu yang satu ini sukses go internasional dengan menyandang nama aslinya kemanapun dia pergi. Paling tidak tersebut yang saya tahu dari menu restauran-restauran Asia dan paket2 instan beku yang terdapat di sejumlah supermarket di Jerman. Sayangnya produk2 itu nyaris semuanya bukan buatan asli Indonesia. Bangga tapi kecil hati juga. Tapi inginkan apa lagi? Era globalisasi Bung, makanan menglobal profit menebal, tentunya untuk yang jeli menyaksikan situasi he he he. Lalu apa yang dapat kita lakukan? Satu2nya teknik untuk menolong melestarikan masakan tradisional dan syukur2 menyuruh orang luar guna memasak sendiri ya dengan teknik menyebar luaskan resep ini. So bagi kamu yang bermukim di Indonesia, telah sering santap nasi goreng namun belum pernah buat sendiri. Coba yukk :-) 


O ya tips urgen untuk menciptakan nasi goreng : Bagi nasinya di masak dengan teknik konvensional ya. Alias dimasak dalam air seraya diaduk sampai separuh matang ( istilah bahasa jawa : dikaru), setelah tersebut ditanak di dandang hingga matang agar nasi tidak menggumpal. Kalau kamu terpaksa menggunakan Rice Cooker, masak nasi dengan tidak banyak air guna mendapatkan tekstur nasi yang keras dan berbutir. Setelah matang, pindahkan nasi ke dalam nampan, ratakan dan angin2kan nasi hingga dingin sebelum dimasak guna Nasi Goreng. 

Catatan : Untuk sejumlah resep dalam bahasa Inggris dan Jerman, saya sengaja kurangi porsi Terasi sebab menurut keterangan dari hidung orang2 Eropa terasi baunya sangat mengherankan dan tidak biasa ;-) Paling tidak biar mereka sosialisasi dulu agar terbiasa daripada pingsan di dapur gara2 bau terasi ;-). So tidak boleh heran bila tidak sama dengan edisi bahasa Indonesia. Kalau buat anda sich terasi baunya sedappp & langsung buat lapar ha ha. 

Catatan : Bagi kamu yang hendak menikmati variasi nasi goreng lainnya, silahkan lihat resep Nasi Goreng Mawut atau Nasi Goreng Merah Ebi. Siapa tahu sesuai dengan selera anda.

Bahan:
300 gr nasi matang.
150 gr fillet ayam, iris kotak-kotak
sayur2an contoh : wortel dan kol, iris tipis ( andai suka )
2 - 3 buah telur, diceplok
1 buah daun bawang, iris tipis
2 sdm kecap manis
1 sdm saus tomat
1 sdt garam

Bumbu Halus:
3 buah cabai merah, buang bijinya
5 buah cabai rawit ( andai suka pedas )
5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
1 sdt terasi matang

Bahan Pelengkap:
1 buah tomat, iris tipis
1 buah timun, iris tipis
Kerupuk udang secukupnya

Cara Membuat:
Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Tambahkan tidak banyak minyak dlm blender andai perlu.
Tumis bumbu halus dalam wajan cekung yang agak besar / wok sampai matang dan berbau harum.
Masukkan ayam, aduk-aduk dan masak hingga ayam berubah warna dan matang.
Masukkan sayur2an, aduk2 dan masak sebentar hingga sayuran layu.
Kecilkan api dalam suhu sedang. Masukkan nasi matang, aduk rata.
Tambahkan kecap manis, saus tomat dan daun bawang. Aduk rata.
Tambahkan garam cocok selera. Angkat.
Buat telur mata sapi dgn cara: Oleskan tidak banyak mentega sebesar ukuran telur ceplok dalam wajan anti lengket.
Panaskan dengan suhu sedang, tunggu hingga mentega mencair dan agak panas.
Pecah telur dengan hati-hati, goreng hingga matang (tidak butuh dibalik). Angkat.
Sajikan nasi goreng dengan telur beserta irisan tomat, ketimun dan kerupuk udang.

Unknown

About Unknown

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :